Minggu, 10 Februari 2013

cara memilih sepatu bola yang bagus


Kali ini saya akan memposting tentang memilih sepatu bola yang bagus ni sob !!!

Bagi pemain sepak bola, profesional maupun amatir, sepatu bola merupakan senjata yang turut menentukan kualitas permainan. Karena perannya yang sangat vital, memilih sepatu bola tidak boleh disamakan dengan memilih sepatu santai. Sepatu bola berbeda dengan sepatu untuk jalan-jalan. Salah memilih sepatu, boleh jadi kaki Anda yang akan dibawa berjalan-jalan ke rumah sakit.


Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dijadikan acuan saat Anda memilih sepatu bola.


1. Jangan Menjadikan Sepatu Multifungsi
Ingat, sepatu bola hanya khusus dipakai untuk olah raga sepak bola. Sepatu sepak bola atau sepatu olah raga lain biasanya memiliki tekstur yang lebih fleksibel. Sepatu olah raga disertai pula dengan bantalan ekstra sebagai peredam efek getaran. Sementara itu, sepatu untuk jalan-jalan memiliki permukaan yang lebih keras dan padat.

Dengan demikian, Anda tidak bisa menyamakan fungsi keduanya. Belilah satu pasang sepatu olah raga dan satu pasang sepatu untuk jalan-jalan agar kedua aktivitas yang Anda lakukan benar-benar nyaman.


2. Mengukur Kaki Secara Berkala
Mungkin Anda berpikir bahwa ukuran kaki orang dewasa tidak akan mengalami perubahan. Misalnya, Anda memakai sepatu ukuran 37. Ini tidak berarti kaki Anda selamanya akan berukuran 37. Sebuah penelitian membuktikan bahwa semakin hari, ukuran kaki seseorang bisa berubah. Oleh sebab itu, lakukan pengukuran ulang kaki Anda minimal 2 kali dalam setahun.


3. Membeli Setelah Beraktivitas
Tahukah Anda bahwa ukuran kaki bisa membesar ketika beraktivitas? Ya. Ukuran kaki akan berubah atau membesar sesuai aktivitas yang Anda lakukan, termasuk olah raga. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus membeli sepatu saat kaki berada dalam ukuran terbesarnya.


4. Membawa Kaos Kaki
Kaos kaki merupakan penyempurna kenyamanan Anda saat memakai sepatu. Oleh sebab itu, bawalah kaos kaki yang biasa Anda pakai saat memilih dan mencoba sepatu di toko. Kebiasaan yang sering dilakukan adalah mencoba sepatu tanpa kaos kaki. Hal inilah yang akan berdampak pada kurangnya tingkat kenyamanan saat memakai kaos kaki. Jangan sampai sepatu pilihan Anda menjadi sempit saat memakai kaos kaki.


5. Jangan Langsung Merasa Enak
Toko sepatu biasanya menyediakan cermin agar Anda bisa melihat kecocokan sepatu dengan kaki. Biasanya, orang akan lebih tergiur membeli sepatu yang tampak bagus dipakai dibanding kenyamanan. Untuk memastikan kenyamanan sepatu bola pilihan Anda, pakailah untuk berlari-lari kecil di sekitar area toko.


6. Sesuaikan Aturan Ibu Jari
Untuk menghindari cedera, pastikanlah jarak ideal sepatu dengan ibu jari kaki, punggung kaki, dan tumit kaki. Sepatu yang terlalu longgar akan membuat selip, sementara yang terlalu sempit bisa membuat kaki Anda lecet.


7. Harga Tidak Pernah Bohong
Setiap orang tentu memiliki anggaran berbeda untuk membeli sepatu bola. Namun, ada hal yang memang tidak terelakkan. Ya. Bagaimanapun, harga menentukan kualitas. Kualitas sepatu bola seharga Rp50.000,00 tentu akan berbeda dengan sepatu bola seharga Rp500.000,00. Selain kenyamanan, keawetan keduanya tentu sangat berbeda.


8. Perhatikan Waktu Penggantian
Idealnya, sepatu olah raga atau sepatu bola harus diganti setelah dipakai berlari sejauh 500-600 kilometer. Jika sol bawah mulai menipis dan sepatu mulai terasa tidak nyaman, berarti Anda sudah harus mengganti sepatu olah raga kesayangan.

BASKETBALL HISTORY


The game of basketball was created by prof. Dr. James A. Naismith one physical education teacher Young Mens Christian Association (YMCA) Springfield, Massachusetts, United States in 1891. Ideas that promote the establishment of a branch olahragabaru this is the fact that at that time the membership and visitors to the school were increasingly degenerate. The main reason is the boredom of the members in participating in the exercise Senamyang stiff movements. In addition to a felt need in the winter to keep exercise interesting increasingly urgent
Dr. Luther Gullick, head of the sports supervisor at the school is aware of the unfavorable symptoms and immediately contacted Prof. Dr. James A. Naismith and gave him the task to draw up a new sport that can be played indoors in the afternoon. In welcoming his duty Nasimith formulate an idea that fit the needs of an enclosed space that is the game that was not so hard, there is no element menendan, tackle and interesting and not difficult to learn. The first step, diujinya compositions of the game Footbal, Baseball, and Football Lacrose. But none that match the demands. Because in addition to difficult to learn, also the game is still too hard to play on tertutupyang lighted room. From the results of experiments conducted was Naismith akhrinya to the conclusion that a new game should use round shaped ball, do not tackle, and should eliminate the net as a target. To tame the ball instead of kicking done by hand and pass the motion dribbling (dribbling) as the pinnacle of excitement, the goal is replaced with another target narrow and located on top of the players, so with such a preferential target object does not lie in the power of the shot as it happens at the time of kick, but the accuracy menembak.Semula Naismith will use wooden boxes for target shooting, but since the time of the experiments conducted there only baskets (basketball) peaches empty, then finally shot basket that is being targeted. From the words of this basketball game then newly discovered Prof. Dr. James A. Naismith is called Basketball.

Some important records in the development of basketball.
Year 1891: Prof. Dr. James A. Naismith invented the game of Basketball
Year 1892: For the first time Naismith introduced the game to the community's Basketball (USA)
Year 1894: Prof. Dr. James A. Naismith and Dr. Luther Gullick for the first time issued an official game rules.
Year 1895: Word Basketball officially accepted and entered into the vocabulary of English.
Year 1913: For the first time held Far Eastern Basketball Championships. On occasion, the Chinese team beat Phillipina.
Year 1918: U.S. occupation troops and members of the YMCA Basketball game introduced in many European countries.
Year 1919: In the Military Olympics in Joinville, game Basketball is one sport that dipertandingkan.Tahun 1932: For the first time held Basketball Congress held in Geneva Switzerland. The participants are: Argentina, Czechoslovakia, Greece, Italy, Portugal, Romania and Switzerland. Decisions that resulted is the formation of the International Basketball Federation - Federation International de Basketball (FIBA)
Year 1933: For the first time diselnggarakan Student Basketball World Championship in Turin - Italy.
Year 1935: In Congress International Olympic Committee, Basketball accepted as one of the numbers Olympic Games.
Year 1936: For the first time competed in the Olympic Basketball Berlin. Twenty two countries are participating. Champion is the USA, Canada and Mexico.
1939: Prof. Dr. James A. Naismith died.
Know basketball game
Know Games Basketball Games Basketball is played by two opposing teams. Each team who play in the field consists of 5 people, while substitute no more than 7 people, so that each squad at most consisted of 12 players. Basketball game is played on a hard court held for that purpose, either in open fields or in enclosed spaces. In effect, each team has a chance to put the ball menyerangdan as many baskets as possible themselves for not conceding. Broadly speaking Basketball game done by using the three elements of the subject of game techniques, namely: passing and catching the ball (pasing and catching), dribbling (dribbling), and shooting (shooting). The three elements of the technique was developed into dozens of advanced techniques that allow the game of Basketball and varied life. For example, the technique of passing and catching the ball, there are several ways such as: repulsion chest (chest pass), repulsion overhead (overhead pass), repulsion reflection (bounce pass), and others. In the series of this technique, also known as the pivot term holds the ball, one of the legs moving and the other foot remains on the floor regained pedestal. Dribbling technique closely related to traveling, the movement of the foot is considered wrong because it exceeds the allowed steps. Also double dribble a hand movement banned for dribble with both hands or dribble a second time after the ball was controlled with both hands. Shooting technique closely related feinting, jump, block, and so forth. So many game techniques to be mastered by a Basketball player, so it is difficult to be specified one by one in this paper. However, by mastering three principal elements tadiserta some continuation techniques, one is able to play Basketball, though not perfect.

Provisions play and compete.
As described above Basketball game played by two teams, each consisting of 5 players. The referee who leads consisting of 2 one who is constantly changing position. Official time playing 2 x 20 minute clean, not including a 10 minute rest period, time out, twice for each team each half for 1 minute, while substitutions and or referees whistle sounded as the ball out of the park or the violation / errors such as foul and traveling. If the match official (referred to here is not a friendly) collection occurs the same number, so round extended time (every 5 minutes) until there is a difference angka.Khusus to Mini Basketball game dedicated children under the age of 13 years, imposed its own rules are somewhat different, among others: the ball used is smaller and lighter, lower mounting basket, game time 4 x 10 minutes with 3 times the break and another as in the case of replacement players. Game rules are used very dependent rather than rule PERBAIS / FIBA ​​where applicable. For example, in 1984, the Rules shall prevail Game Rules PERBASI / FIBA ​​years 1980 to 1984.

Tools and Field Equipment Based Game Rules PERBASI / FIBA ​​year 1980 - 1984, tools and field equipment consists of:
Basketball
Made of rubber coated bloated and kind of leather, rubber or synthetic. Circumference of the ball is not less than 75 cm and not more than 78 cm, and weighing not less than 600 grams and not more than 650 grams. The ball is pumped in such a way that if it is reflected on the floor from a height of 180 cm will soar no less than 120 cm of not more than 140 cm.
Engineering Supplies
For time required at least 2 pieces of stopwatches, one for recording and one for a time out.
Instrument for measuring time of 30 seconds.
Paper score (Scoring Book) to record / record match.
Cues - scoring board, mark the individual error numbers 1 through 5, as well as two red flags for teams mistakes.
Field
Field Games Shaped rectangular with a length of 26 m and a width of 14 m as measured from the edge of the boundary line. Size variation is collected dengna increase or decrease the length of 2 m, and increase or decrease the size of the width of 1 m. In this field there are several measures such as: lingakaran middle, and others that are clear and detailed will be described later in the picture below.
Board bounce bounce board is made of 3 cm thick hardwood or from a suitable transparent material. Board reflected a length of 180 cm and a width of 120 cm .. High board, 275 cm from the floor to the bottom of the board, and is 120 cm perpendicular distance from the midpoint of the final line of the field. (Details more information, see the picture).
Basket Basket consists of the Ring and Jala. Ring them from the harsh iron with diameters of 45 cm orange. Ring height 305 cm from the floor and surface mounted boards pantaul with a distance of 15 cm. While the mesh consists of white added to the ring hanged. Net length 40 cm

history of table tennis sport


Table tennis originated in Europe in the Middle Ages as a combination of old-fashioned game of tennis, lawn tennis and badminton. Became popular in the UK

in the mid-19th century by several names such as "ping pong", "gossima" and "whiff-whaff" dikreasikan as games of entertainment after dinner, complete with fans dressed for. the game is getting the container pertenismejaan world governing official on 15 January 1926 on the initiative of Dr. George Lehman from germany.

Table tennis in Indonesia around 1930's and only done at a general meeting of the Dutch, known as Societeit. Around the 1940s, has begun to enter into the civil society groups and Indonesia through the Ambtenaar (civil servants) Indonesia.

Containers that set the world pertenismejaan in Indonesia in Surabaya was formed in 1948 under the name "Association of All Indonesian Pingpong" abbreviated PPPSI, on the initiative of several prominent Indonesian table tennis from some cities, such as Surabaya, Surakarta and Yogyakarta. tennis

tables in Indonesia was introduced as the official name in 1951, as well as changing the name of a PTMSI PPPSI as an abbreviation of All Indonesia Table Tennis Association.

In the same year, PTMSI a member of Table Tennis Federation of Asia, abbreviated TTFA. Some Asian Championship organized by the TTFA was followed by PTMSI, mainly held in Singapore and Manila. In 1961 PTMSI officially a member of the International Table Tennis Federation, ITTF abbreviated, as a member of the 73.

PTMSI never absent in the world championships held since 1963, in any implementation is done. First participation for PTMSI was in Prague in 1963, followed by a balk son or daughter with the results of the rank-34 for boys and 31 for the girls.

fc history barselona


Many legendary football players born from FC Barcelona (FC Barcelona) as Kubala, Suarez, Cruyff, Maradona, Ronaldinho and Lionel Messi. During the 20th century, Barcelona Barca became a symbol, a symbol that represents the Catalan identity as a nation. So, why Barca said to be more than a club.
Employers Swiss nationals coming to Spain for business affairs with a number of local and English. He is the Joan Gamper who later became the founder of FC Barcelona. They apparently both like football. Finally, in the office of Sole Gym on 29 November 1899 Gamper met Gualteri Wild, Lluis d'Osso, Bartomeu Terrados, Kunzle Otto Otto Maier, Enric Ducal, Pere Cabot, Carles Pujol, Josep Llobet, John Parsons, and William Parsons. Twelve people gathered for the purpose of establishing a football club and stand Football Club Barcelona also known as Barcelona.
Gamper also be a Barcelona player until 1903. Walter Wild from the UK, was appointed as the first president of the club until 1901. The first match was held in Barcelona Cycle Track Bonanova against a group of British expatriates living in Barcelona. The match ended with England winning 1-0 victory expats.
Time Barca team uniforms were blue and burgundy. Gamper chose blue and burgundy match the color of the area in his native Switzerland.
As a club would need to headquarters. On March 14, 1909, the club inaugurated its first headquarters in Industria with a capacity of 6,000 people. At that time Barcelona earned its first championship Catalan Championships period 1909/1910.
Period of the season 1910/1911, 1912/1913, 1915/1916, 1918/1919 1919/1920, 1920/1921 and 1921/1922 champion in the hands of Barcelona. The club also won the Spanish Championships competition season 1909/1910, 1911/1912, 1912/1913, 1919/1920 and 1921/1922. Barca also won the inaugural edition of the brilliant Spanish National League season 1928-1929.
In the year when winning the Spanish Championship and Catalan Barca headquarters Les Corts, also known as The Cathedral of Football inaugurated May 20, 1922. The stadium capacity of 30,000 people initially, but later doubled to 60,000.
In 1924 the club has 12,207 members and the fans is a huge amount of support as well be the foundation of massive fan now. After all that, the number of his fans had experienced a period of low tide. Because of the civil war in 1936 and the repression of the fascist regime, in 1939 the number of supporters dropped to 3486.
Decade of the 1930's was a period of bleak and bitter Barca. The club's owner Joan Gamper died July 30, 1930. The beginning of the decade were fatal and the club entered into a period of decline. Institutional crisis, many members left the club, results were poor and the political pressure of Franco supporters.
A civil war in 1936 disastrous for FC Barcelona. Josep Sunol, President of Barcelona, ​​Franco killed soldiers near Guadalajara. March 1938 the fascists dropped a bomb FC Barcelona Social Club and cause serious damage.
In 1939 Franco's troops created many problems for the club, because it has become a symbol of the Catalan. However, not always suffer abuses Barca. Decade of the 1940's Barca continued gradual recovery despite dogged by internal difficulties. From external parties still undermine the Franco regime. For example, in June 1943 Franco through the referee and the police threatened Barca against Real Madrid. The match ended in defeat Barca, a score of 11-1. Just-in this decade-not names that Barca did not carve achievements.
Barca won the national league season kompetisi1944/1945, 1947/948 and 1948/949 as well as the Latin Cup champions 1949. The latter represents the first international achievement barca. The competition that preceded the European Champions Cup Title. Barca confirmed that Klala Cesar, Basora, Velasco, Curta, Gonzalvo brothers, Seguer, and Biosca o Ramallets. Ladislao Kubala in June 1950 to join Barcelona and FC Barcelona to make an unbeatable team.
Barca are very grateful to the forefront remarkable that Basora, Cesar, Kubala, Moreno and Manchon. In between 1951 and 1953, Barça won every competition that was held as the Spanish League 1951/1952 and 1952/1953 and the Spanish Cup in 1950/1951, 1951/1952 and 1952/1953).
The most impressive is the season 1952/1953. Barca won four trophies: Spanish League, Spanish Cup, Latin Cup Eva Duarte and Martini Rossi trophies. Kubala a remarkable figure for Les Corts and soon Francesc Miro-Sans promoted the construction of Camp Nou Stadiym Nuu Camppun inaugurated on 24 September 1957, with a capacity of 90,000 spectators.
Barca won the Spanish league recently returned for the season 1958/1959 and 1959/1960 as well as the Fairs' Cups 1957/1958 and it was Barca trained 1959/1960.Waktu Helenio Herrera with brilliant players as Kocsis, Czibor, Evaristo, Kubala, Eulogio Martinez, Suarez, Villaverde, Olivella, Gensana, Segarra, Gràcia, Verges and Tejada.
However, in the decade of the 60's Barca experienced a period of crisis. Barca won the Spanish Cup in 1963 and 1968 and the Fairs' Cup 1966. Only in the 1970s Barca rise again. In 1973, joined Johan Cruyff's Dutch. The presence of Cruyff putting the final touches on his attack comprising gold Rexach, Asensi, Sotil and Marcial. The team led the league season 1973/1974. Simultaneously coincided with the anniversary of the club-75. Members of fans when it reached 69,566. When Joan Miró celebration mounted poster in remembrance.
FC Barcelona is now a sports entity which includes basketball, handball, hockey, athletics, ice-hockey, figure skating, indoor football, rugby, baseball, volleyball, soccer and women's divisions. Football team into one club participating qualifying competitions in Europe every year since 1955. Total members fans were incredible. Now reaching 105,706 members and supporters club 1508. Barcelona is now headquartered at Avenida Aristides Maillol 8020, Spain. The phone number you can call (+34) 93 496 36 00.

SPORTS POOL RULES


TOTAL PERSONNEL / Jury At OLYMPIC GAMES
and WORLD CHAMPION
1.Referee (1 person)
2.Juri Style (4 people)
3.Starter (2 people)
Supervisors 4.Ketua Reversal (2 people)
5.Pengawas Reversal (1/lints)
6.Ketua Time Recorder (1 person)
7.Time keeper (3 / lints)
Participants 8.Pengatur (2 people)
9.Personel start One (1 person)
10.Pembawa Events (1 person)
11.Pengawas the room is control (1 person)
12.Yuri Judge (3 people)
REFEREE
Has full authority, supervising judge, assign tasks, provide regulatory guidance race.
May intervene in an incident to ensure Fina rules considered.
Can rank position when the jury arrival without three digital stopwatch.
Ensuring the jury is at his post and replace and assign additional judges.
Before you start, signaling a short whistle blast that swimmers undressed except swimwear followed by a long whistle blast to take a position on the starting platform (for backstroke and medley relay, should immediately get in the water and on the second long whistle blast immediately took the starting position).
Signaled to the starter when the swimmer and the jury was ready, refree stretching his arms as a sign that the swimmer is under control starter.
Set the disqualification of the swimmer who violate the rules are known by referees and judges in charge. Has authority over all decisions.
STARTER
Having full control of the swimmers, from the time the referee turned to her swimmers.
Reporting to the referee when there are swimmers that slow / delay start.
Kewenang possess to decide whether to start has been made fairly, this issue will only be the decision of the referee.
Where the race will start, the Starter shall stand beside the pool within approximately 5 meters from the end of the start, where the timekeepers can see and hear the start signal and the swimmers can hear the start signal.
REGULATORY PARTICIPANTS
Set swimmers before each event.
Report to the Referee, any violation in this regard notes relating to advertising (GR.7), and what if the swimmer is not present when called.
CHIEF INSPECTOR OF Turns (Chairman of the Supervisory Reversal)
Ensure supervisors reversal task during perlombaan.Menerima reports from supervisors reversal what if there was a violation and immediately delivered to the Referee.
INSPECTOR OF Turns (Supervisory Reversal)
One supervisor reversal should be assigned in each end of the track on each track.
ensure that swimmers perform in accordance with the rule reversal.
Supervisors reversal on the finish also need to make sure swimmers finish the race according to the rules.
In the individual event and 1500.M 800.M, each supervisor reversal by the end of the track should record the number that has been solved by Lap swimmers in the path that tells the number of Lap swimmers who are left to be resolved by showing Lap Card.

Alerting swimmers in the trajectory, the live two-Lap + 5 meters to swim to finish entering the numbers 800.M and individual 1500.M it. Warning signs can be repeated after reversal until swimmers reach five meters there is a sign on the rope track. Warning signs should be provided with the sound of a bell or whistle.
Supervisors reversal on the side of the start to decide whether the swimmer in the relay events do start with is still in contact with the starting platform when the previous swimmer touches the wall.
Report any violations to supervisors Chairman reversal on the cards that have been ditetukan, a detailed written program number, track number, and offense.
Style Jury (Judge of Stroke)
Style Jury positions are on either side of the pond.
Ensure that the rules relating to the style of swimmers performed in the show have been implemented
Noting reversal and finish to help supervisors reversal.
Is reporting a violation to the Referee on the cards that have been determined, with a detailed write the number of events, number of tracks and the offense on the feet keberapa.
Chairman of Time Recorder (Chief Timekeeper)
Determine the position of all Time Recorder with track its responsibility.
Collect cards from timers on each track.
Chief timekeeper shall record or determine the official time on the card each track.
Time Keeper (timekeeper)
Swimmer clocked on the path set for him.
Turning stopwatch to mark the start, and had to turn off the stopwatch when the swimmer in lintasanya finish the race.
May listen to the instructions of the Chief Registrar of time to record split times (intermediate time) in the middle distance in the race longer than 100.M
Noting the time of stopwatchnya on a card and give to the Chief Registrar of time.
Unless there Video Camera is used as support, this may be the need to complete the task despite timekeeper perjurian automated equipment is used.
Finish Jury Chairman (Chief of Finish Judge)
Establish the position of each jury will determine the position and Finish.
Collected on predefined forms result from each jury Finish and ensure results and position which will be sent directly to the Referee.
Where automated equipment is used to determine perjurian finish in the race, Jury Chairman shall report the order of finish Finish that has been recorded by the equipment after every race.
Jury Finish (Finish Judge)
Jury Finish should be placed on the tiered staircase rising to the position of the finish line.
Every event, Finish Jury must determine and report the position of each swimmer in accordance with the tasks assigned to them.
Processors (Desk Control)
Responsible for examining the results of the mold computer or from a record time and position in each event received from the Referee.
Chairman processors should see referees in determining the outcome.
Checking resignation after a series or final.
Including results in an official form, make a list of all the new records were set. And take care score (counting score) as appropriate.
Decision of the Jury (Officials - decesion making)
Judges each have to make their decision autonomously and independently, except what has been established by regulation pool.
Blank REQUIRED
NOTE TIME

SPORTS DEVELOPMENT WORLD DO volleyball


Volleyball game invented by William G. Morgan in 1895. He was a physical education coach at Young Men Christian Association
(YMCA) in the city of Holyoke, Massachusetts, USA. Name the original game "Mintonette", where the game is almost similar to badminton games (badminton). Unlimited number of players here in accordance with the original goal to develop physical fitness, gymnastics as well as general laborers.

William G. Morgan then went on to develop the idea of ​​the game is to reach the sport competed. The game name was changed to "Volley-Ball" which means approximately memvolley ball alternately. Development of the game of volleyball at that time in America is very quickly thanks to the efforts William G. Morgan.

In 1922 Y.M.C.A. successfully held national championship volleyball country of the United States. At the time of World War I allied soldiers disseminate this game kenegara Asian and European countries, especially Japan, China, India, the Philippines, Russia, France, Estonia, Latvia, Czechoslovakia, Romania, Yugoslavia and Germany.

In World War II, the game is widespread throughout the world, especially in Europe and Asia. After World War II, achievements and popularity of volleyball in the United States declined, while in other countries, especially in Eastern Europe and Asia is growing very rapidly and massively. Given a volleyball tournament in the first (1947) in Poland participants enough, then in 1948 IVBF
(International Volley Ball Federation) ddidirikan the 15 states.
(Suharno HP, 1974:2)

Indonesia knows volleyball game since 1928 in the Dutch colonial era. Physical education teachers were imported from the Netherlands to develop the sport in general and volleyball in particular. In addition to physical education teachers, many Dutch troops play his part in the development of Indonesia voli.di ball, especially with playing in the dormitories, the field is open and hold a match between Company-Dutch Company itself.

Volleyball game in Indonesia is growing very rapidly throughout society, so that the emerging big city clubs throughout Indonesia. With this basis on January 22, 1955 PBVSI (Volleyball Association All-Indonesia) was established in Jakarta in conjunction with the first national championship. PBVSI since been actively developing activities either into or out of the country until now. Development of the game of volleyball is very prominent just before the Asian Games IV and I in jakarta Ganefo for both men and women Indonesia

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Sejarah komputer yang perlu untuk diketahui secara detail. Sejarah perkembangan komputer berawal dari penemuan seorang yang bernama Charles Babbage. Dia adalah seorang ilmuwan di dunia yang telah banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia, terutama perkembangan komputer.
Penemuan fenomenalnya yaitu Mesin penghitung (Difference Engine no.1) merupakan salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal kompuer. Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage sebagai penemu konpur dan dijuluki sebagai bapak komputer.

Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:

1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini di musiumkan di Museum of Science London.

1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mereka memberi nama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitung tambah dan pengurangan.

1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yang dibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatan komputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.

1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberi nama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.

1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuat komputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebut adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemu komputer digital.

sejarah komputer
ENIAC komputer memiliki berat 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Saat pertamakali dioperasikan Pertama seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati.

ENIAC sedikit lebih maju dibandingkan Mark I yang hanya dapat menghitung. ENIAC tidak hanya memiliki kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana.

1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama  UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.

1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer menjadi semakin kecil.

Demikian sejarah perkembangannya komputer  yang berasal dari dari berbagai sumber.

11 PERISTIWA DALAM SEJARAH ISLAM

1. Pembebasan Makkah (Fathul Makkah)
Apa itu Fathul Makkah? Peristiwa Fathul Makkah adalah sebuah peristiwa di mana akhirnya Nabi Muhammad dan para sahabat berhasil menguasai Makkah dan menghancurkan berhala-berhala di sekitarnya. Sehingga Ka'bah kembali suci. Peristiwa ini bermula dari perjanjian Hudaibiyah tahun 628 M. Ini adalah perjanjian antara kaum muslimin dan kaum Quraisy. Perjanjian ini terjadi ketika satu rombongan yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad hendak melaksanakan haji di Baitullah. Namun, pihak Quraisy melihatnya sebagai sebuah ancaman. Jika orang-orang dari Madinah, yang notabene adalah rival dari kafir Quraisy datang ke Makkah, maka apa tanggapan orang-orang nanti? Untuk itulah, pemuka-pemuka Quraisy dengan segala daya upaya menyusun sebuah strategi, yaitu mengikat kaum muslimin dalam suatu perjanjian agar tidak dapat leluasa mengunjungi Makkah. Dan terjadilah perjanjian Hudaibiyah. Ketakutan kaum kafir Quraisy ini wajar muncul, sebab setelah Nabi saw dan beberapa ratus sahabat hijrah dari Makkah menuju Yatsrib (Madinah), antara kaum Muslimin dan kaum Quraisy hampir selalu terjadi peperangan yang tak terelakkan. Dalam pengepungan selama 20 hari oleh 10 ribu pasukan Quraisy terhadap Madinah pada tahun 627 M, Nabi Muhammad saw dan 3.000 umat Islam berhasil mempertahankan Madinah.

Isi perjanjian Hudaibiyah antara lain:
  • Pertama, gencatan senjata selama sepuluh tahun
  • Kedua, orang Islam dibenarkan memasuki Makkah pada tahun berikutnya, tinggal di sana selama tiga hari saja dengan hanya membawa sebilah senjata.
  • Ketiga, bekerja sama dalam perkara yang membawa kepada kebaikan.
  • Keempat, orang Quraisy yang lari ke pihak Islam harus dikembalikan ke Makkah.
  • Kelima, orang Islam yang lari ke Makkah tidak dikembalikan ke Madinah,
  • keenam, kedua belah pihak boleh membangun kerja sama dengan kabilah lain tapi tidak boleh membantu dalam hal peperangan.

Akhirnya pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, Nabi Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Makkah, dan kemudian menguasai Makkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikit pun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah.

2. Bulan Diturunkan Alquran

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Alquran: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)..." (QS Al Baqarah: 185)

Imam Ibnu Katsir menjelaskan: “Allah SWT memuji Ramadan di antara bulan-bulan lainnya, karena Dia telah memilihnya di antara semua bulan sebagai bulan yang padanya diturunkan Al-quran yang agung". Sebagaimana Allah mengkhususkan Ramadan sebagai bulan diturunkannya Alquran, sesungguhnya telah disebutkan oleh hadits bahwa pada bulan Ramadhan pula kitab Allah lainnya diturunkan kepada para Nabi sebelum Nabi Muhammad saw.

Imam Ahmad bin Hanbal dalam Musnadnya meriwayatkan: "Lembaran-lembaran (shuhuf) Nabi Ibrahim diturunkan pada permulaan malam Ramadan dan kitab Taurat diturunkan pada tanggal enam Ramadan, dan kitab Injil diturunkan pada tanggal tiga belas Ramadan, sedang Alquran diturunkan pada tanggal dua puluh empat Ramadhan.” (HR. Ahmad dalam Musnad, dan dinyatakan hasan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah, no. 1575)

3. Peristiwa Perang Badar

Pada hari Jumat 2 Ramadhan tahun ke-2 H terjadi perang pertama dalam Islam yang dikenal Perang Badar. Badar adalah nama tempat di sebuah lembah yang terletak di antara Madinah dan Makkah. Tentara Islam mengontrol lokasi strategis dengan menguasai sumber air yang ada di daerah tersebut.

Perang ini melibatkan tentara Islam sebanyak 313 anggota berhadapan dengan 1.000 tentara musyrikin Makkah yang lengkap bersenjata. Dalam perang ini, tentara Islam memenangkan pertempuran dengan 70 tentara musyrikin terbunuh, 70 lagi ditawan. Sisanya melarikan diri.

Perang ini adalah suatu yang luar biasa ketika tentara Islam yang kurang jumlah, lemah dari sudut kelengkapan dan berpuasa dalam bulan Ramadan memenangkan pertempuran Perang Badar. Ini membuktikan puasa bukan penyebab umat Islam bersikap lemah dan malas sebaliknya berusaha demi mencapai keridhaan Allah. Orang yang berjuang demi mencapai keridhaan Allah pasti mencapai kemenangan yang dijanjikan.

"Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya" (QS Al-Imran:123)

4. Islam Masuk ke Yaman

Yaman terletak di selatan semenanjung tanah Arab. Nabi Muhammad mengutus Ali bin Abi Thalib dengan membawa surat beliau untuk penduduk Yaman khususnya suku Hamdan. Dalam periode satu hari, semua mereka memeluk agama Islam secara aman. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada bulan Ramadan tahun ke-10 hijrah.

5. Khalid bin Walid Meruntuhkan Berhala Al ‘uzza

Setelah umat Islam membebaskan kota Makkah, Nabi Muhammad saw menyucikannya dengan memusnahkan 360 patung di sekeliling Ka'bah. Lima hari sebelum berakhirnya Ramadhan tahun ke-9 H, Rasulullah mengirim Khalid bin Walid untuk memusnahkan patung al 'Uzza di Nakhla. Menurut kepercayaan Arab jahiliyah, al 'Uzza adalah patung dewi terbesar di daerah tersebut. Khalid bin Walid melaksanakan tugas itu dengan bergerak menuju ke Nakhla lalu menghancurkan patung al 'Uzza. Setelah itu, penyembahan patung pun berakhir.

6. Penyerahan Kota Taif

Kota Taif pernah mencatat sejarah ketika penduduknya mengusir Nabi Muhammad saw saat berdakwah di sana. Setelah beliau dan umat Islam berhasil membebaskan Makkah, kaum Bani Thaqif bersikeras tidak mau tunduk kepada Nabi Muhammad.

Nabi muhammad dan tentara Islam lalu maju ke Taif dan mengepungnya dalam waktu lama. Akhirnya kaum Bani Thaqif datang ke Makkah di bulan Ramadan tahun ke-9 H dengan menyerahkan kota Taif sebagai tanda menyerah.

7. Pembebasan Andalusia (Spanyol)

Andalus adalah nama Arab yang diberikan kepada wilayah-wilayah bagian semenanjung Liberia yang diperintah oleh orang Islam selama beberapa waktu mulai tahun 711 sampai 1492 M. Pada 28 Ramadan tahun ke-92 H, panglima Islam bernama Tariq bin Ziyad dikirim pemerintahan Bani Umayyah untuk menawan Andalus.

Tariq memimpin armada Islam menyeberangi laut yang memisahkan Afrika dan Eropa. Setelah pasukan Islam mendarat, Tariq membakar kapal-kapal tentara Islam agar mereka tidak berpikir untuk mundur. Akhirnya pasukan Tariq berhasil menguasai Andalus dan menyelamatkan rakyat Andalus yang dizalimi. Islam bertapak di Andalus selama delapan abad.

8. Peperangan Zallaqah di Portugal

Peristiwa ini terjadi setelah subuh hari Jumat, bulan Ramadan tahun 459 H. Ketika itu, terjadi kebangkitan dinasti Murabit di Afrika Utara. Gubernur Cordova, Al Muktamin meminta bantuan Sultan Dinasti Murabit, Yusuf bin Tasyifin untuk memerangi Alfonso VI.

Tentara yang dipimpin oleh Alfonso VI yang berjumlah 80.000 tentara berhasil dikalahkan. Dalam waktu yang singkat Sultan Yusuf berhasil menguasai seluruh Spanyol dan menyelamatkan umat Islam. Setelah itu, Dinasti Murabit di Spanyol berdiri sejak 1090 sampai 1147 M.

9. Tentara Islam Mengalahkan Tentara Mongol

Pada tahun 126 sampai 1405 M, kaum Mongol melebarkan penaklukannya hampir semua benua Asia. Menurut sejarah, kekaisaran penaklukan mereka seluas 33 juta kilometer persegi. Jenderal tentara Mongol dikenal sebagai Genghis Khan. Dalam misi penaklukan itu, mereka membunuh lebih sejuta rakyat negara yang dikalahkan. Penaklukan mereka menjangkau sampai ke Moscow dan Kiev.

Pada tahun 1258, tentara pimpinan jenderal Hulagu Khan menyerbu kota Baghdad yang menjadi kemegahan Dinasti Abbasiah. Dalam serangan itu, banyak umat Islam terbunuh dan banyak buku karangan sarjana Islam dibuang ke dalam Sungai Eufrat dan Dajlah sehingga airnya menjadi hitam karena tinta. Pada 15 Ramadan 658 H bersamaan 1260 M, tentara Islam bangkit membuat serangan balas. Tentara Islam dan para ulama pimpinan Sultan Qutuz dari dinasti Mamluk, Mesir menyerbu ke Palestina setelah Mongol menguasainya. Kedua pihak bertemu di Ain jalut. Terjadilah Perang Ain Jalut.

Dalam pertempuran itu, tentara Islam meraih kemenangan dan berhasil menawan Kitbuqa Noyen, penasihat Hulagu Khan yang menasihatinya untuk menyerang Baghdad. Kitbuqa akhirnya dieksekusi. Kemenangan itu adalah suatu yang luar biasa saat Mongol yang terkenal dengan kekerasan akhirnya kalah pada tentara Islam.

10. Peperangan Yakhliz

Pada 15 Ramadan 1294 H, tentara Islam dari Dinasti Ottoman yang dipimpin oleh Ahmad Mukhtar Basya dengan jumlah 34.000 anggota mengalahkan tentara Rusia yang berjumlah 740.000. Sebanyak 10.000 tentara Rusia tewas dalam pertempuran itu. Ia menjadi kebanggaan umat Islam mempertahankan agama yang diancam oleh pemerintah Tzar di Rusia.

11. Direbutnya Garis Bar Lev, Israel

Dalam sejarah modern, terjadi Perang Yom Kippur yang melibatkan tentara Islam (Mesir dan Syria) dengan tentara Israel pada 10 Ramadan 1390 H bertepatan dengan 6 0ktober sampai 22 atau 24 Oktober 1973 M. Perang Yom Kippur, juga dikenal sebagai perang Arab-Israel 1973, Perang Oktober, dan Perang Ramadan.

Ia adalah bagian dari konflik Arab-Israel sejak dari tahun 1948. Pada bulan Juni 1967, terjadi perang enam hari antara Israel dengan Mesir, Syria dan Yordania. Dalam pertempuran itu, Israel berhasil menduduki bukit Golan, Syria, di utara dan semenanjung Sinai, Mesir, di selatan hingga ke kanal Suez. Setelah itu, Israel membangun barisan pertahanan di Sinai dan bukit Golan. Pada tahun 1971, Israel mengalokasikan USD 500 juta untuk membangun benteng dan kerja tanah raksasa yang dinamai Garis Bar Lev, mengambil nama jenderal Israel, Haim Ber Lev.

Tentara Islam berhasil merebut benteng itu sekaligus mengalahkan Israel. Antara peristiwa menarik dalam perang ini adalah peran seorang sarjana Islam merangkap sebagai Imam Masjid kota Suez, Syeikh Hafiz Salamah yang memimpin peperangan.

SEJARAH INTERNET

A.Internet
1.Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,
dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis
hingga yang dinamis dan interaktif.
2. Sejarah internet
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S.
Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk
mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer
sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama
ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu
sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung
menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London
merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan
Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob
Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun
kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk
sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka
dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982
dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal
dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup
USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan
melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan
IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000
komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui
sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama
kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di
tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator
1.0.
3. Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai
akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi
untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,
sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,
saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum
komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat
demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat
internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa
mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya
para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari
masyarakat informasi dunia.
B. Web Site atau Situs
1.Pengertian Web Site atau Situs
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk
menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu
baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan
yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
2. Unsur-Unsur Web Site atau Situs
Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapat
berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam
situs antara lain:
a. Domain Name Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat
permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan
situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah
URL adalah http://www.octa_haris.tripod.com--dapat juga tanpa www--
Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan.
Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet:
1. Generic Domains(gTLDs)
Merupakan domain name yang berakhiran
dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top
level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun
dapat mendaftar.
Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".
Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan
(education)
Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)
Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).
2. Country-Specific Domains (ccTLDs)
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second
level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini
dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini
berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan
war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut
berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:
Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori
"ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lain
Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan
seperti SD, SMP dan atau SMU
Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang
melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.
Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak
ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya.
Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka
tertentu(tahunan).
b. Hosting
Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat
menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan
di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang
disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat
dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan
harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte).Lama penyewaan hosting
rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan
penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
c. Scripts/Bahasa Program
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang
pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya
sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs
semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat
dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.
Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts
yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts,
Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP
dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis,
dan interaktifnya situs.
Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual
scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karena
sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakan
untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi,
email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat. Khusus
Jilbab Online menggunakan bahasa ASP(Active Server Pages).
d. Design Web
Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur
situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan
kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung
akan bagus tidaknya sebuah web site.
Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web
designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu
diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin
banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung
pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula
sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari
seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantu ng kualitas designer.
e. Publikasi
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh
masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung
dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada
masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan
pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih
kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif
dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui
search engine-search engine(mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia,
dsb)
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang
gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine
terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar,
walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine
dan dikenal oleh pengunjung.
3. Pemeliharaan Web Site atau Situs
Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai
yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain
sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau
monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.
Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu
atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan(tidak
rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel,
organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk
situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.